Ingin Koleksi Tulisan Tangan Einstein? Siapkan Rp 27 Miliar

Albert Einstein

LOS ANGELES, Cekatcekit- Ingin Koleksi Tulisan Tangan Einstein? Siapkan Rp 27 Miliar -  Surat tulisan tangan fisikawan Albert Einstein yang isinya mempertanyakan eksistensi Tuhan, dilelang di eBay dengan harga penawaran awal 3 juta dolar AS atau sekitar Rp 27 miliar.

Harga tinggi ini dicetak hanya beberapa tahun setelah surat itu laku terjual dalam sebuah lelang dengan harga 404.000 dolar AS atau Rp 3,8 miliar.

Tulisan tangan yang disebut "Surat Tuhan" itu ditulis dalam bahasa Jerman, setahun sebelum Einsten meninggal pada 1955. Surat itu memuat semua pemikiran Einstein soal agama, Tuhan dan tribalisme.

Einstein menulis surat itu menggunakan kertas berkepala surat Universitas Princeton dan ditujukan kepada filsuf Erik Gutkind. Surat itu dibuat setelah Einstein membaca buku karya Gutkind Choose Life: The Biblical Call to Revolt.

"...Kata Tuhan, bagi saya tak lebih dari ekspresi dan hasil kelemahan manusia. Alkitab adalah kumpulan tulisan hebat, namun masih berupa legenda primitif dan kekanak-kanakan. Tak ada interpretasi, sebagus apapun itu, bisa mengubah pemikiran saya," tulis Einstein, yang memenangkan hadiah Nobel untuk fisika pada 1921.

"Bagi saja agama Yahudi, seperti halnya agama lainnya adalah inkarnasi tahayul yang paling kekanak-kanakan," masih kata Einstein di surat itu.

"Dan orang Yahudi, yang saya adalah bagian di dalamnya, dan secara mental saya memiliki kesamaan, tak memiliki kualitas yang berbeda dengan orang lain. Sepanjang pengalaman saya, mereka tak lebih baik dari kelompok manusia lainnya. Saya tak melihat sesuatu yang mencerminkan mereka sebagai bangsa 'pilihan'," lanjut Einstein.

Surat itu diakhiri dengan kalimat sederhana,"Terimakasih banyak dan salam, A. Einstein."

Surat itu kini disimpan dalam sebuah ruangan yang suhunya dikendalikan ketat sejak surat itu terjual dalam lelang beberapa tahun lalu.

Pemiliknya saat ini, ingin menjualnya lengkap dengan amplop asli, perangko dan cap pos asli. Presiden Auction Cause, yang mengelola lelang surat Einstein di eBay, Eric Gazin, memprediksi surat ini minimal terjual dengan harga tiga kali harga penawaran awal.

Apakah Anda berminat?

Sumber
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2011. Cekat Cekit - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger