Uang Atau Dihormati, Mana Yang membuat Anda Bahagia?



Cekatcekit- Ada pepatah yang mengatakan bahwa kebahagiaan dapat dibeli dengan uang. Sementara itu beberapa orang menilai kebahagiaan dapat dimiliki dengan kesuksesan karir atau status sosial yang tinggi. Tapi menurut para ilmuwan, pada hakikatnya bukan hal itu yang membuat seseorang menjadi bahagia. Lalu dari mana kebahagiaan itu datang?

Dari hasil studi yang dilakukan oleh para peneliti di University of California membuktikan bahwa perasaan dihormati dan dikagumi ternyata menjadi faktor paling penting dalam meningkatkan kebahagiaan hidup seseorang.

Menurut mereka kedua faktor ini bahkan mengalahkan tingginya status sosial dan ekonomi sekaligus mengenyampingkan kekayaan dan harta dalam meningkatkan taraf hidup.

Seperti yang dilansir Huffington Post, kesimpulan ini diambil dari hasil kalkulasi sosio metrik dari 80 mahasiswa. Kalkulasi status ini dihimpun dari beberapa aspek, mulai dari bagaimana mereka dihormati di lingkungan pergaulan dan memiliki posisi kepemimpinan tersendiri. Eksistensi di lingkungan sosial itu kemudian dikaitkan dengan kondisi keuangan mereka.

Dalam studi yang berbeda, para peneliti juga melakukan pengamatan terhadap para alumnus kampus yang telah meraih gelar master. Hasilnya mereka menemukan bahwa orang-orang tersebut semakin dihormati setelah lulus S2. Kondisi yang sama juga terjadi pada aspek keuangan mereka yang cenderung meningkat. Dengan kata lain, semakin terhormat, semakin besar pula penghasilan yang didapat.

“Mengapa uang tidak dapat membeli kebahagiaan, karena orang-orang dapat dengan mudah beradaptasi dengan level kekayaan mereka. Pemenang lotere, misalnya, awalnya mereka merasa sangat senang, tapi kebahagiaan itu perlahan kembali ke level semula,” ujar Cameron Anderson, salah satu anggota tim peneliti.

“Kami terkejut dengan temuan ini. Naik-turunnya status sosial seseorang sangat berpengaruh terhadap kebahagiaannya. Bahkan efek ini berlangsung hingga sembilan bulan,” tandas Anderson.

Jika disuruh memilih, mana yang dapat membuat Anda bahagia? Uang atau kehormatan?
Sumber
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2011. Cekat Cekit - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger