Inilah Akibat Terlalu Sering Menahan Kencing (yg suka nahan kencing masuuk!!)

Cekatcekit- Kali ini ane mau share, bagi agan agan yang suka nahan kencing, sebaiknya dihilangkan kebiasaan itu gan ane juga pernah nahan nahan kencing gara gara terlalu sibuk ngeblog tapi sekarang udah nggak setelah baca ini
Oke langusng aja gan

Ilustrasi:

Rasa buang air kecil terkadang memang selalu datang secara tiba-tiba, malah terkadang kita juga sering menahan buang air kecil dengan berbagai alasan sibuk, malas dan sebagainya.
Namun tanpa disadari hal sepele tersebut bila terlampau kita lakukan maka dapat menyebabkan masalah buat kita sendiri. Banyak bahaya yang dapat menyerang kesehatan kita secara mendadak jika kita sendiri tidak bisa menjaganya. Seringnya kita suka menahan buang air kecil ada kemungkinannya kita dapat terserang penyakit ISK.

ISK atau yang biasa dikenal dengan istilah Infeksi Saluran Kemih merupakan salah satu penyakit dari akibatnya kita terlalu sering menahan buang air kecil. ISK sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu ISK atas dan ISK bawah. Pada ISK bagian atas kuman menyebar lewat saluran kencing, ginjal bahkan seluruh tubuh. Sehingga dampak lanjutannya penderita akan mengalami infeksi ginjal dan urosepsis. Itu sebabnya penyakit ini tidak boleh dianggap remeh. Sedangkan pada ISK bagian bawah dinamakan sistitis.

ISK merupakan gangguan pada saluran kemih yang disebabkan karena adanya sumbatan. Biasanya yang menyumbat itu adalah batu berbentuk kristal yang menghabat keluarnya air seni melalui saluran kemih, sehingga bila inngin buang air kecil akan terasa sulit dan sakit. Tapi, bila saat buang aiir seni disertai dengan darah maka itu tandanya saluran kemih anda sudah terinfeksi.
Jenis batu yang dapat mengendap dalam ginjal dan saluran kemih sangat beragam, diantaranya adalah batu kalsium oksalat dan batu karbonat yang mengandung kapur, batu asam urat dan systin yang tidak mengandung batu kapur. Ukuran batu ginjal sangat bervariasi dan dapat bersifat tunggal ataupun ganda.

Timbulnya batu tersebut disebabkan oleh berbagai hal, antara lain terlalu lama menahan buang air kecil sehingga air seni menjadi pekat, kurang banyak minum air putih, terlalu sering mengkonsumsi minuman bersoda, kopi manis, teh kental, vitamin c dosis tinggi dan susu juga salah satu kategori pemicu terjadinya batu ginjal.

Penyebab
Infeksi saluran kemih dapat disebabkan karena kurang menjaga kebersihan organ intim sehingga menjadi tempat berkembang biak yang sangat baik bagi kuman dan bakteri. Salah satu penyebab yang selama ini kurang mendapat perhatian adalah penggunaan toilet umum secara sembarangan.

Gejala Infeksi Saluran Kemih (ISK)
Gejala infeksi saluran kemih diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Terasa sakit saat buang air kecil
2. Anyang-ayangan atau rasa ingin pipis lagi. Meski sudah di coba, namun air kemih yang dihasilkan sangat sedikit atau malah tidak mengeluarkan air kemih sama sekali.
3. Sakit dan nyeri pada bagian perut bagian bawah dan di atas tulang kemaluan.
4. Pada beberapa kasus, mungkin terlihat sedikit darah pada air seninya.
Nah kalo ente udah ngerasain ada gejala ISK, ana punya sedikit cara ngatasinnya nih

- Usahakan untuk membuang air kecil kecil pada waktu bangun di pagi hari. Buang air seni dapat membantu mengeluarkan bakteri dari kandungan kemih yang akan keluar bersama urine.
- Minum air putih minimal 8 gelas atau 2,5 liter setiap hari merupakan suatu kewajiban. Karena air putih dapat melancarkan air seni dan dapat mencegah timbulnya penyakit infeksi saluran kemih. Air minum yang mengandung garam dan soda kurang baik untuk di konsumsi sebab dapat memperlambat buang air kecil.
- Perbanyak konsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, sari buah dan juice sangat baik untuk di konsumsi sebab dapat melancarkan peredaran darah. Bila perut terasa sakit, letakkan air hangat pada bagian perut yang sakit.

Gimana gan? masih mau nahan kencing?

sebaiknya nggak ya gan 

Makasih udah mampir ke thread ane ya gan, semoga dapet manfaatnya
Sumber
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2011. Cekat Cekit - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger