4 Kisah Teddy Bear Dan Jenderal Dipecat





4 Juli 2012, langit di Belarusia - negara bekas Uni Soviet - tampak cerah. Tiba-tiba sebuah pesawat kecil terlihat memasuki Kota Ivenets dan pinggiran Minks, ibukota negeri yang dipimpin Presiden Alexander Lukashenko itu.

Tak beberapa lama, pesawat kecil itu menjatuhkan seribuan boneka Teddy Bear, boneka kecil nan imut. Boneka dijatuhkan dengan parasut. Tak dinyana, penjatuhan boneka itu membuat Presiden Alexander Lukashenko memecat sejumlah jenderalnya!

Ini dia Mesammesem mania, Kisah teddy bear dan jendral di pecat :

1. Penyusup Dari Swedia

Presiden Alexander Lukashenko pantas berang karena beruang yang dijatuhkan itu membawa pesan provokatif yaitu kebebasan berbicara dan seruan kemerdekaan. Lebih-lebih lagi, pesawat kecil itu menyusup dari Swedia.

"Siapa yang bersimpati dengan gerakan ini? Apakah insiden ini sengaja dibiarkan atau memang karena lemahnya sistem pertahanan udara?!" ujar Presiden Lukashenko geram, dalam pertemuan dengan para komandan militer.

Lukashenko memerintah Belarusia secara totaliter selama 18 tahun dan dilabeli sebagai "diktator terakhir Eropa".



2. Dua Jenderal Dipecat

Akibat insiden 4 Juli yang baru diakui pemerintah belakangan ini tersebut, Presiden Alexander Lukashenko memecat Komandan Komite Perbatasan Mayor Jenderal Igor Rachkovsky dan Komandan Angkatan Udara Mayor Jenderal Dmitry Pakhmelkin.

Para pengamat di Belarusia mengatakan kemarahan Lukashenko juga diarahkan kepada Rusia yang membantu negara itu membangun sistem pertahanan udaranya.

Sebelumnya kejadian serupa pernah terjadi pada 1987 lalu ketika seorang pemuda Jerman, Matthias Rust, berhasil terbang menghindari radar Uni Soviet dan mendaratkan pesawat ringannya di Lapangan Merah, Moskow.



3. Seribuan Boneka

Aksi itu rupanya dilakukan oleh perusahaan kehumasan Swedia yang terkenal dengan gaya kampanyenya yang tidak lazim, Studio Total. Jadi pesawat kecil bermesin satu yang membawa seribuan boneka beruang itu berhasil masuk ke perbatasan, mempencundangi sistem pertahanan udara Belarusia, lalu memuntahkan kampanyenya ke perkampungan penduduk. Setelah kargonya kosong, pesawat itu kembali ke Swedia.

Studio Total melakukan hal itu sebagai bentuk protes atas pelanggaran HAM di negeri itu, termasuk kebebasan berbicara dan pers, yang memicu ketegangan antara Presiden Lukashenko dan Barat. Studio Total menyebut langkahnya sebagai bentuk kebebasan mendapatkan informasi di negeri itu.

Kepala Studio Total Per Cromwell menyebut, pesawat menyusup ke Belarusia mudah dilakukan sejak informasi tentang pertahanan udara negara tersebut dengan mudah bisa ditemukan di internet.



4. Jurnalis Ditangkap

Atas insiden 4 Juli itu, pemerintah Belarusia sebelumnya menyangkal telah ada peristiwa memalukan tersebut. Kepala Angkatan Udara yang baru berkeyakinan laporan-laporan tentang insiden 4 Juli itu merupakan provokasi oleh intelijen asing untuk menurunkan moral rakyat Belarusia.

Penyangkalan itu kontradiktif dengan gambar-gambar dan video yang diupload di internet. Jurnalis yang memberitakan penerjunan Teddy Bear ditangkap pada 13 Juli dan diperiksa 72 jam. Pemerintah Belarusia akhirnya mengakui insiden itu pada 26 Juli, tiga minggu setelah kejadian.



Sumber
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2011. Cekat Cekit - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger